Ketentuan Registrasi Mahasiswa Institut Teknologi Telkom Jakarta

KETENTUAN REGISTRASI MAHASISWA INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM JAKARTA SEMESTER GENAP 2021/2022

I. Jadwal Registrasi Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022

A. Pembayaran BPP

  1. Masa Pembayaran : 7-22 Februari 2022.
  2. Pembayaran Biaya Pendidikan (BPP) ke Virtual Account Bank Mandiri.
  3. Format Virtual Account 89440+NIM masing-masing. Contoh jika NIM 15160001, maka tujuan transfernya adalah 8944015160001 dengan nama penerima adalah nama mahasiswa dengan NIM tersebut.

B. Perwalian dan Input Mata Kuliah

  1. Input Mata Kuliah oleh Mahasiswa dapat dilakukan pada tanggal  ** s.d. 23 Februari (setelah menyelesaikan seluruh administrasi).
  2. Perwalian dan persetujuan Registrasi Mata Kuliah oleh Dosen Wali paling lambat 23 Februari 2022 Pukul 16:00 WIB.
  3. Batas akhir cetak Kartu Studi Mahasiswa oleh Mahasiswa paling lambat 23 Februari 2022.

C. Pengajuan Cuti, Awal Perkuliahan dan Lainnya

  1. Pengajuan Cuti dan Seluruh Dokumen Cuti Lengkap paling lambat diterima oleh Akademik Fakultas pada tanggal 25 Februari 2022 Pukul 16:00 WIB.
  2. Awal Perkuliahan 28 Februari 2022.

Mahasiswa yang tidak melakukan Registrasi Mata Kuliah atau Pengajuan Cuti sesuai jadwal akan dikenakan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku.

 

II. Panduan Registrasi Mata Kuliah

A. Ketentuan Umum Registrasi Mata Kuliah

  1. Proses Registrasi Mata Kuliah adalah sebagai berikut:
    • Mahasiswa melakukan pembayaran Biaya Pendidikan/Biaya Semester.
    • Mahasiswa input mata kuliah di iGracias dan melakukan perwalian & persetujuan mata kuliah yang telah diinput ke Dosen Wali.
    •  Mahasiswa cetak Kartu Studi Mahasiswa (KSM) simpan dalam bentuk PDF, lalu kirimkan ke Dosen Wali.
  2. Keterlambatan registrasi yang melampaui masa berakhirnya Registrasi Mata Kuliah akan berakibat penetapan sebagai mahasiswa nonaktif dan dikenakan sanksi sesuai dengan Buku Pedoman Akademik Institut Teknologi Telkom Jakarta.

B. Ketentuan Khusus Mahasiswa penerima Beasiswa

  1. Harap hubungi bagian Kemahasiswaan agar data beasiswa sesuai SK diinputkan ke iGracias.
  2. Untuk Mahasiswa yang  beasiswanya tidak 100% harap melakukan sisa pembayaran.
  3. Setelah data beasiswa telah diinput di iGracias dan sisa pembayaran telah dilakukan, maka mahasiswa dapat melakukan proses Registrasi Mata Kuliah selanjutnya.

C. Ketentuan Khusus Mahasiswa yang semester sebelumnya Nonaktif

Mahasiswa yang tidak melaksanakan pendaftaran ulang selama 1 (satu) atau 2 (dua) semester, bila pada semester berikutnya yang bersangkutan mendaftar kembali:

  1. Mengajukan permohonan dan menyerahkan surat permohonan aktif dilengkapi dengan rekomendasi dari Dosen Wali yang diperkuat oleh Ketua Program Studi yang ditujukan kepada Direktur Akademik, sebelum masa registrasi dimulai (Unduh Form Permohonan Aktif ).
  2. Setelah permohonan registrasi disetujui, maka mahasiswa menyetorkan biaya mangkir registrasi hingga biaya pendidikan semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022, salinan/copy bukti setor tersebut diserahkan ke bagian Akademik untuk keperluan pembukaan blokir registrasi.

D. Pengajuan Cuti Akademik

  1. Mekanisme pengajuan: mengisi dan melengkapi persyaratan sesuai formulir cuti akademik di iGracias, mencetak formulir dan melengkapi tanda tangan, melakukan upload kembali di iGracias disertai dokumen lain yang dipersyaratkan, dan menyerahkan berkas asli lengkap beserta lampirannya ke Akademik. Mahasiswa dihimbau untuk menghubungi Dosen Wali dan Kaprodi terkait approval pengajuan cuti akademik.
  2. Batas akhir pengajuan cuti akademik dan penyerahan dokumen cuti adalah 25 Februari 2022 pukul 16:00 WIB. Mahasiswa yang tidak mengajukan cuti dan tidak melaksanakan registrasi maka ditetapkan sebagai mahasiswa non aktif.