Sosialisasi Transkrip Aktivitas Kemahasiswaan

Sosialisasi Transkrip Aktivitas Kemahasiswaan

Transkrip Aktivitas Kemahasiswaan (TAK) merupakan suatu parameter yang digunakan untuk menghargai keaktifan mahasiswa dalam kegiatan kemahasiswaan atau ekstrakulikuler. TAK adalah ukuran aktivitas ekstra/intra/ko-kurikuler mahasiswa, sebagai salah satu bentuk penghargaan yang berhak diperoleh mahasiswa berdasarkan aktivitasnya, bertujuan membantu dan membekali mahasiswa agar siap terjun ke masyarakat, khususnya dalam bidang softskills.

Dalam rangka menunjang pengembangan kualitas mahasiswa dalam bidang non-akademik di Institut Teknologi Telkom Jakarta khususnya ekstrakurikuler minat, bakat, dan penalaran maka perlu adanya Transkrip Aktivitas Kemahasiswaan (TAK) sebagai peraturan yang harus diketahui dan dijadikan pedoman oleh seluruh civitas academica Institut Teknologi Telkom Jakarta. TAK wajib diikuti semua mahasiswa Institut Teknologi Telkom Jakarta, sehingga TAK diberikan pada semua mahasiswa dalam bentuk transkrip yang mendampingi transkrip akademik pada saat mahasiswa lulus.

Fungsi TAK adalah mendukung pembentukan karakter mahasiswa Institut Teknologi Telkom Jakarta dan menjadi syarat bagi mahasiswa dalam:

  1. Mengikuti sidang Tugas Akhir/Skripsi/Proyek Akhir
  2. Mengikuti Ujian Akhir Semester
  3. Mendapatkan beasiswa
  4. Mengikuti seleksi mahasiswa berprestasi

Unsur-unsur yang menjadi faktor penilaian dalam pelaksanaan TAK adalah sebagai berikut:

  1. Keaktifan dalam mendukung Tridharma Perguruan Tinggi
  2. Keaktifan dalam organisasi Kemahasiswaan di Kampus
  3. Keaktifan dalam organisasi di luar Kampus

Mahasiswa wajib memenuhi Transkrip Aktivitas Kemahasiswaan sesuai Nilai Kumulatif Minimal angkatan:

No.Syarat PelaksanaanNilai Kumulatif Minimal
1Sidang Diploma45
2Sidang Sarjana60
3Ujian Akhir Semeter Genap10
NKM TAK

Sosialisasi TAK diadakan pada hari Rabu, 18 Mei 2022 pukul 10.00 WIB, acara ini dihadiri oleh Tim Layanan Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan, Fakultas Teknik, ITTelkom Jakarta, Tim DTI ITTelkom Jakarta serta Mahasiswa/I Fakultas Teknik, ITTelkom Jakarta.

Sosialisasi ini menyampaikan tentang beberapa materi yaitu, Fungsi TAK, Tujuan TAK, Lingkup Penilaian TAK,  Nilai Kumulatif Minimal TAK, serta Tabel Penilaian TAK. Materi ini disampaikan langsung oleh Kaur Kemahasiswaan Ibu Rana Zaini Fatiyana, S.ST.,M.T.

Transkrip Aktivitas Kemahasiswaan (TAK) telah disahkan dalam Surat Keputusan Rektor ITTelkom Jakarta dengan Nomor: 016/S.KEP/BAAK/ITTJ/II/2022 pada Februari 2022, untuk SK dapat kalian unduh pada link https://telkom.link/SKTAKITTelkom2022 . Pada SK ini terdapat Materi TAK yang disampaikan oleh Ibu Rana Zaini Fatiyana, S.ST.,M.T. salah satunya Tabel Penilaian TAK.

Bagi Mahasiswa/i yang tidak menghadiri acara Sosialisasi TAK tersebut dapat mengunduh hasil recording pada link berikut  https://bit.ly/Recording_Sosialisasi_TAK

JAKARTA BARAT WEATHER

Artikel
Lainnya

Sosialisasi Transkrip Aktivitas Kemahasiswaan

Sosialisasi Transkrip Aktivitas Kemahasiswaan Transkrip Aktivitas Kemahasiswaan (TAK) merupakan suatu parameter yang digunakan untuk menghargai keaktifan mahasiswa dalam kegiatan kemahasiswaan atau ekstrakulikuler. TAK adalah ukuran aktivitas

Read More »